19 January 2012

5 Isu yang Jadi Fokus Pemerintah Tahun 2012

PEKANBARU: Pemerintah menggelar rapat kerja nasional 2012 yang diikuti seluruh menteri, gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia. Menurut Wapres Boediono ada 5 isu dianggap penting dan menjadi fokus pemerintah tahun 2012 ini.

"Ada lima hal yang ingin saya sampaikan. Sangat menentukan kinerja kita di tahun 2012. Yang pertama adalah Isu stabilitas sosial dan politik. Ini isu yang sangat penting," ujar Boediono saat membuka rapat kerja nasional 2012 di JIEx Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Boediono menambahkan isu stabilitas sangat penting. Dia sempat mengutip kata-kata orang bijak, demokrasi tanpa penegakan hukum dan ketertiban adalah anarki. Boediono pun meminta pimpinan daerah seperti gubernur, walikota dan bupati bisa mencegah aksi anarki terjadi di daerah.
"Intinya, masing-masing di daerah tentunya memegang tampuk pimpinan dalam upaya kita untuk melaksanakan law and order di daerah. Pimpinan, menyatukan langkah-langkah tadi. Memberikan leadership dalam menegakan law and order. Menghilangkan kegamangan dalam pelaksanaan di lapangan. Bertindak dini menghadapi hal seperti ini sebelum masalahnya menjadi lebh besar lagi," jelasnya.

Hal kedua adalah memenuhi kebutuhan pangan. Menjamin ketersediaan pangan dan stabilitas harga di pasaran. Hal ketiga adalah masalah penyediaan tenaga kerja, terutama untuk kalangan muda.
"Kita tahu bahwa mereka ini adalah kelompok yang perlu mendapatkan perhatian dan dampaknya bisa di luar masalah ekonomi. Masalah di Afrika Utara awalnya adalah mengabaikan pengangguran usia muda. Saya rasa penting ada program khusus untuk mereka apakah dalam bentuk magang, atau pendidikan khusus," jelas Boediono.

Hal keempat adalah masalah tata kelola pemerintahan. Termasuk di dalamnya soal reformasi birokrasi dan moratorium PNS. Hal kelima adalah kemiskinan. "2012 bukan tahun yang mudah bagi kita secara ekonomi global. Kita perlu waspada dan saya anjurkan setiap daerah perlu memikirkan program antisipasi," katanya(zas)

0 komentar:

Post a Comment

Salam 51-55 Halaman ini berisi artikel dan postingan tentang RAPI Radio Antar Penduduk Indonesia baik dari RAPI Provinsi Riau maupun dari Sumber Link RAPI nusantara.Silahkan tinggalkan Komentar Anda Jika isi Web ini Bermanfaat...Terima Kasih Telah Berkunjung...